Backup dan Restore Driver PC – Laptop Anda

Di antara Anda mungkin pernah menghadapi notebook atau PC yang bermasalah yang mengharuskan Anda menginstall ulang Windows-nya. Yang selanjutnya menjadi masalah setelah proses intall ulang adalah keharusan mengintall ulang pula driver-driver sesuai dengan hardware yang terinstall, namun CD yang dibutuhkan untuk menginstall driver-driver tersebut tidak ada lagi, entah karena hilang atau terlupa disimpan di mana.

Bagi yang memiliki koneksi internet yang bagus, mungkin bisa mengatasinya dengan mendownload kembali driver-driver tersebut dari situs vendornya atau situs lainnya. Namun jika tidak dan juga untuk kemudahan install ulang driver, selagi Anda masih bisa membuka Windows, akan lebih baik Anda melakukan backup driver yang saat ini terinstall sehingga dapat me-restore kembali setelah proses intall ulang Windows dilakukan. Salah dua freeware yang dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore driver adalah Double Driver dan Driver Magician Lite.

Double Driver dan Driver Magician Lite merupakan aplikasi Windows yang dapat digunakan untuk melihat daftar driver yang terinstall, melakukan backup dan restore, menyimpan detil informasi driver, dan juga mencetak daftar driver-driver yang terinstall. Berikut screenshootnya…

Setelah Anda menginstall salah satu dari program diatas dan menjalankannya, selanjutnya Anda dapat melakukan scanning (bagi yang menggunakan Double Driver) untuk melihat daftar driver-driver apa saja yang terinstall. Secara default, driver-driver yang bukan dari Microsoft akan terseleksi, tapi dari tombol Select Anda dapat menentukan setting seleksi lainnya atau secara manual memilih driver-driver mana yang akan diseleksi. Dari sini Anda dapat melakukan langkah selanjutnya apakah akan menyimpan detil informasi ini, menge-print-nya atau melakukan backup agar dapat direstore saat diperlukan.

Hal menarik lain dari kedua program ini, selain tanpa perlu membeli lisensi untuk menggunakannya karena merupakan freeware, aplikasi Double Driver adalah produk anak Bangsa Indonesia yang seperti dapat dilihat pada jendela About, dibuat oleh Budy Setiawan Kusumah.

Mungkin sekarang Anda perlu mengecek apakah keping CD atau DVD yang biasanya disertakan saat membeli perangkat komputer yang Anda gunakan masih ada atau tidak. Jika Anda tidak menemukannya, Anda sebaiknya melakukan backup driver dan selanjutnya disimpan pada partisi lain atau media penyimpanan ekternal, jadi jika suatu waktu Anda perlu menginstall ulang Windows, Anda tidak kerepotan mencari driver-driver yang diperlukan. Dan untuk melakukan backup dan restore driver ini, Anda dapat mencoba salah dua dari kedua program diatas, Semoga bermanfaat.

7 Responses to “Backup dan Restore Driver PC – Laptop Anda

  • Lam kenal..

    Aku rasa artikel ini manfaat.
    Coz emang penting juga backup driver, terutama pada komputer2 jadul yang CD driver bawaan na antah barantah ada dimana 😀

    Thx artikel na bung.
    Aku tunggu artikel lain na 😀

    iqbal : salam kenal juga mas joko… **tapi bukannya kita temen ya** :p
    terima kasih sudah berkunjung, semoga tulisan ini bermanfaat…

  • hy lam kenal buat qmwu….
    au rasa artikel ni saaaaaaangaaaaat berguna baaaaanget…..
    pa lagi buat au,,,cz baaaanyaaaak tugas dari school au…
    y…tentang backup restore juga..
    n’ yang plg pntg bisa uat nambah pengetahuan au…

    iqbal : salam kenal juga mba… semoga bermanfaat.. 🙂

  • Saya juga pernah mengalami masalah dg laptop saya. Tiba-tiba ndak bs konek dg internet (dengan hotspot uns), saya kira ada masalah dengan hardwarenya. Kemudian, saya disarankan teman untuk menginstal ulang windowsnya. Ternyata, setelah diinstall ulang. Langsung bisa nyambung dengan hotspot UNS. Padahal sblumnya ada yg menyarankan, wifi-nya harus diganti.

    iqbal : alhamdulillah…

  • Wah… bener2 bermanfaat sekali post ini!
    Thanks yah..

    iqbal : terima kasih, semoga bermanfaat

  • just nambahin.. semalam aku jjs googling ternyata ada tuh yang lebih simple di blognya mas kun, fungsi soffy-nya sama cuma donlot & makenya ga pake ribet. nih aku share urlnya

    http://srpkuncoro.wordpress.com/2009/04/11/backup-driver-di-win-xp/

    buat bung iqbal salam kenal dari makassar

    iqbal : wew… makasih banget mas… salam kenal juga mas Ono

  • Sekarang…. apa dlu arti back up / restore itu ???

    iqbal :
    Backup : Cadangan. Backup file = file cadangan. Metode untuk menyimpan copy dari data-data penting jika terjadi kehancuran pada data sehingga data yang sebelumnya sudah di-backup dapat dikembalikan ke kondisi sebelum hancur/rusak.
    Restore : Memperbaiki, memulihkan, menerima nilai kembali.

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar