Trik jitu meningkatkan trafik blog

Banyak yang mempertanyakan kepada saya tentang bagaimana caranya untuk meningkatkan trafik blog, salah satunya adalah pakde artho pada tulisan saya tentang Lounching komunitas blogger solo di Lojigandrung, kenapa setelah blog jadi dan diisi dengan beberapa postingan, hanya ada sedikit komentar yang masuk atau bahkan tidak ada sama sekali. Kondisi seperti ini kadang menurunkan motivasi kita membuat postingan-postingan selanjutnya, apalagi jika kita sampai berpendapat “percuma saja membuat posting jika tidak ada yang membacanya”

Setahu saya, sedikit komentar pada blog sebetulnya merupakan indikasi bahwa blog Anda sedikit dikunjungi pembaca, yach walopun belum tentu juga yang sedikit komentarnya juga sedikit pengunjungnya. Atau, kalaupun ada beberapa yang mengunjungi kemungkinan besar tidak akan datang lagi, sebab tidak tertarik dengan konten yang Anda suguhkan di blog.

Nah dalam hal ini kita harus menerapkan trik jitu meningkatkan trafik blog, sehingga pada akhirnya pengunjung yang mendatangi blog Anda semakin bertambah, dan yang pasti komentar yang ditinggalkan pun banyak. Yuk mari belajar bareng, blog ini juga masih jauh dari sempurna, banyak yang harus dibenahi. Berikut tips yang saya ketahui, mungkin bisa diterapkan untuk meningkatkan trafik pengunjung blog, kasih daahh trik jitu meningkatkan trafik blog :

  1. Rajin mengunjungi blog lain (blogwalking) dan tidak segan-segan meninggalkan komentar Anda. Bila blog Anda mendapatkan komentar, beri komentar balik ke blog pemberi komentar.
  2. Hindari nilai posting yang tidak mempunyai nilai sama sekali. Artinya segala sesuatu yang Anda posting harus memiliki bobot yang bernilai tinggi. Misalnya, buatlah sebuah sebuah posting yang menjelaskan hal secara tuntas, disertai dengan sumber-sumber yang jelas pula.
  3. Memberi tahu blog Anda di search engine dan agregator web, banyak juga portal komunitas blogger yang menyediakan fasilitas agregator, seperti halnya bengawan dan blog sahabat saya. Ini termasuk cara untuk memaksimalkan trafik yang datang dari sumber-sumber tersebut.
  4. Perhatikan isu-isu yang sedang hangat, lalu masukkan ke blog Anda. Biasanya pembaca senang dengan berita atau isu terbaru, sehingga bila Anda menulisnya di blog kemungkinan banyak pembaca yang tertarik dan akan meninggalkan komentar dibawahnya.
  5. Cobalah sekali-kali membuat postingan yang kontroversial sehingga menimbulkan polemik dan perbedaan pendapat bagi pembaca. Posting seperti ini akan menimbulkan tanggapan yang berbeda dari pengunjung sehingga trafik blog Anda pun naik. Tema kontroversi yang ditampilkan bisa seputar teknologi, politik, sosial, dan lain sebagainya.
  6. Sekali-kali tapi rutin, buatlah posting di blog komunitas yang isinya berhubungan dengan konten blog Anda. Cara ini pasti menambah pengunjung baru ke blog Anda.
  7. Berpartisipasi pada diskusi di blog-blog terkait. Pembicaraan bisa Anda mulai dari blog Anda sendiri. Temanya bisa bebas dan jangan terbatas hanya mengenai cerita. Ajak pembaca Anda, ajukan pertanyaan, dan ajak melakukan aksi.
  8. Bangun komunitas dan ikut gabung di blog komunitas yang ada kaitannya dengan topik blog Anda. Hali ini sangat penting untuk meningkatkan trafik.

Tulisan juga saya publikasikan di blog saya yang lain, tema pembahasannya pun sama, trik jitu meingkatkan trafik blog. Semoga tulisan ini dapat menjawab pertanyaan dari Pakde Arto dan semoga bermanfaat untuk semuanya…

4 Responses to “Trik jitu meningkatkan trafik blog

  • mantap nih tips jitunya, numpang belajar n salam kenal ya

  • info yang sangat bermanfaat.. ijin copas ya.. buat di baca2 ntar..
    saya juga baru belajar bikin blog…

  • hmm duh saya mau sih bikin postingan yang kontroversial..tapi kalo blog untuk ebook agak susah bikin kontroversialnya..kecuali cari buku yang kontroversial..he…btw thanks info dan tips kawan

  • namanya aja kontroversi bikin orang yg membaca semangat berbagi comment dan menyampaikan pada orang lain.
    kalau blog saya masih adem ayem…. http://sobatbaru.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar